Interview Kerja Di PT. Pura Barutama Kudus


Hallo kawannn,, Saya kembali akan menceritakan salah satu pengalaman saya. Yapssss,,, kali ini pengalaman saya tes kerja di PT. Pura Barutama Kudus ( Yang katanya pabrik pembuat kertas uang ). Waktu itu bulan Januari pertengahan saya mendapat panggilan melalui sms seperti berikut "Kami dari Pura Group mengundang Anda untuk mengikuti seleksi recruitment dengan Interview User pada hari Rabu 17 Januari 2018 jam 07.30 di Gd. Pura Rotogravure 2, Jl. Agil Kusumadya Km. 4, Kudus ( belakang Gd. Head Office Pura Group ). Bertemu dengan Bp. Andreas bgn. HRD. Mohon konfirmasi bisa hadir atau tidaknya dengan sms ke nomor ini atau ke nomor 0291 444361 Ext. 1453. Terima Kasih". Saya cukup kaget waktu itu karena langsung interview user, tapi sebenernya kita pecaya diri aja guys. Percayalah rejeki itu tak akan tertukar ( sok bijak ). Waktu itu saya konfirmasi bisa hadir untuk interview. Tanggal 16 Januari saya meluncur menuju Semarang ketempat budhe saya, kemudian di tanggal 17 Januari 2018 saya berangkat ke Kota Kudus untuk melakukan interview.  Saat sampai di PT. Pura Barutama Unit Rotogravure saya menunggu, dan ternyata saya sendirian.

Saat wawancara ternyata wawancara HRD terlebih dahulu. Saat wawancara HRD dengan Pak Andreas saya banyak ditanya tentang latar belakang dan pengalaman saya bekerja. Saat itu Bapak Andreas menawari saya posisi PPIC, padahal basic saya RND. Saya tetap menerima tantangan itu, dan disuruh belajar tentang PPIC. Ohhh iya guyss sampai lupa  saat wawancara HRD kita juga ditanya gaji yang diinginkan. Jawab saja setinggi yang kalian mampu ( maksudnya lihat kemampuan diri kalian juga guys ). Saya diberi tahu oleh Pak Andreas bahwa tanggal 18 interview dengan user dan ada Presedir Directornya ( saya sempat kaget, wow seorang presedir bro ). Yaps tanggal 18 Januari 2018 saya kembali ke PT. Pura Barutama Unit Rotogravure untuk wawancara dengan user. Saat sampai disana saya bertemu dengan 2 orang lain yang akan wawancara juga dengan user. Saya sempat mengobrol juga dengan mereka, ternyata mereka bagian cost control dan yang satu PPIC juga. Waktu itu saya maju interview kedua, deg deg an rasanya. Ada tiga user guys, salah satunya presedir director. Saya ditanya berbagai macam pertanyaan, dari mulai pengalaman bekerja, organisasi, prestasi yang pernah didapatkan. Tentunya ditanya tentang PPIC, dan saya cuma menjelasakan bagian dasarnya saja. ( saya sempat down karena di cecar pertanyaaan yang tidak saya pahami yaitu PPIC). Saat itu saya ditanya siap dikontrak 5 tahun ( sepertinya presedir yang tanya ) , saya bilang saja siap. Karena menurut saya, saya sudah gak bakalan diterima ( pesimis wkwkwkwk ). Walaupun mereka sempat menanyakan kalau di posisi RND atau QC bagaimana saya masih pesimis kalau di terima. Dan setelah semua sudah interview user, langsung diumumkan kalau saya diterima dibagian RND ( whatttttt thee...saya sempat galau waktu itu ). Yups  akhirnya saya menerima tawaran tersebut, karena hari itu juga langsung tanda tangan kontrak guys. Proses yang sangat singkat sekali,, ohh iya kenapa.saya tidak psikotest di PT. Pura Barutama, mungkin karena saya dulu pernah psikotest dan cuma sampai tahap HRD saja. Sekian cerita pengalaman saya,, sampai jumpa !!!!

Comments

  1. Rnd itu apa kak krjany? Sy jg brusan psikotes . Dftr bagian purchasing

    ReplyDelete
  2. Halo frita,rnd kerjanya cari produk baru dan reduce cost produk existing. Semangat, semoga lolos!!

    ReplyDelete
  3. Gajinya diatas umr ga ya klo disana? Jam kerjanya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas UMR bro kalo S1. Itu juga tergantung nego anda ke HRD dan Direksi. Untuk jam kerja Normal gan jam 7.30-03.30 (7 jam) masuk sabtu setengah hari.

      Delete
  4. Selamat malam.. maaf saya mau tanya sblm ada sms interview apa dpt telfon lolos tes administrasi? Mohon dibalas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bro, biasanya tidak ada sms lolos administrasi. Biasanya langsung di email untuk tes psikotest dan interview hrd dan user bro.

      Delete
    2. Mau nanya bro abis psikotest disuruh interview itu selang berapa Hari ya

      Delete
  5. Dress code nya gimana kk waktu tes wawancara kemarin :)

    ReplyDelete
  6. Pengumuman kelolosan brp lama? Aku sudah sampai tahap interview direksi.. Udah jalan seminggu, blm ada kbr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tidak lama. Aku dulu selesai wawancara direksi langsung ttd kontrak.

      Delete
  7. Maaf, mau nanya dikit nih mas..
    Jenjang karir nya gimana yaa di pura barutama ?? Trus kalo gaji operator produksi tembus berapa yaa ?? Makasih sebelum nya..😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bro baru bales, di pura yang dicari bukan orang pinter bro,. tapi org yang bisa kerja. Dari operator bisa jadi kabag. Tergantung unit mas, biasanya umr.

      Delete
    2. Tapi ada potensi ke karyawan tetap nya gak yaa ??

      Delete
    3. Kemungkinan tetap ada broo,, asal kita berprestasi.

      Delete
  8. Untuk staff adm gajinya berapa ya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya kurang tau, kalo untuk lulusan sma biasanya umr gan. Kalo D3 tergantung nego kita.

      Delete
  9. Halo kak, besok saya ada psikotes dan interview di kantor HR GA Pura Group.
    Pertanyaannya, kok bisa ngga pake psikotes? Terpisah atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu sempet psikotest di pura, tetapi ga lanjut. hanya interview hrd saja. Kemudian tahun ini dipanggil lagi dan langsung tanpa psikotest. begituu.

      Delete
  10. Halo kak.. setelah bekerja di Pura. Apa kesan yg didapat mengenai kantornya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya di pabriknya, ya menurutku biasa aja sih. Namanya juga pabrik.

      Delete
    2. Kak test tertulis di pura itu gmna ya .. Soal matematika kh atau apa maaf tanya

      Delete
  11. Halo kak, dulu psikotesnya gimana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, psikotestnya biasa kok, ada krapline, persamaan kata, deret angaka, hitung cepat, sudah lama sekali soalnya.

      Delete
  12. Bang, kalo masuk tahapan finalisasi dan medical check up itu ngapain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ketrima itu bro,, tanda tangan kontrak itu. Di pura unit mana?

      Delete
  13. saya juga mas ada panggilan interview user tapi di pura unit keuangan, jd dalam sehari langsung ttd kontrak gt mas>?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MCU dulu bro, tapi cuma cek darah biasa. Ga lengkap. Jadi langsung ttd kontrak sekalian.

      Delete
  14. Untuk suasana kerja disana gmn bro? Kondusif ato gak? Trs ane kemarin barusan baca threat katanya manajemennya kurang bagus? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung unit dan GM nya bro, ada yang enak ada yang biasa aja, ada yg dead line terus. Hehehee

      Delete
  15. Gan, saya dapet panggilan, tp saya lupa dulu dftarnya sbg apa, ada saran nggak?? Panggilan buat psikotest sama interview lebih baik ngomong gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat dulu aja bro, heehehe. Di pura biasanya di sesuaikan kok yang pas apa.

      Delete
  16. Pagi, mau tanya nih, pasti ada kontrak yah kalo ketrima?

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Waduhh sudah lama bgt, standart kok. Ada persamaan kaa, lawan kata, deret angka, soal cerita matematika, Krapline. Gtu gtu aja

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Wah pas banget nih gan. Tanggal 26 besok saya ada pskotest dan interview dari pura group pusat. Ini penempatan unitnya itu kita ditaruh di posisi yang memang dibutuhin dan cocok sama passion kita ya gan?? Apa gimana ya. Btw ane freshgrad baru lulus oktober kemarin, s1 teknik mesin. Btw kalo tentang gaji ukuran s1 itu kisaran berapa ya gan. Terus kalo sistemnya itu langsung dikontrak dulu apa gimana gan. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, penempatan biasanya di unit yg membutuhkan. kemungkinan besar yang cocok sama ijazah kita, wkkwkw. Gaji kisaran 3-4 an, kontrak bro.

      Delete
  20. kang untuk kontrak kerjanya minimal berapa lama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontrak kerja 1 tahun bro, nanti kalo bagus diangkat tetap/ di perpanjang kontraknya.

      Delete
    2. Mas mau nanya...itu pas wawancara, predirnya tnya "siap dikontrak 5 tahun" itu maksudnya gmna? Brti stlh 5 tahun selesai gt? Apa cm ngetes aja dan setelah 1 tahun bisa diangkat tetap?

      Delete
  21. Gan, saya udah medical check up tapi katanya munggu direksi dulu mau bertemu,trus itu nanti interview lagi atau gimana ?

    ReplyDelete
  22. mas kalo mau daftar kerja di pura nunggu ada lowongan apa lgsg titip ke satpam lgsg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung kirim ke hrd pura group saja. Cek instagram @recruitmentpuragroup

      Delete
  23. Min saya batu ditelpon interview senin ini trus sy kerja di jakarta katanya kalo sy k3sana ongkos sama biaya hotel dibayar perusahaan, apakah itu betul min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tidak, kalau anda disuruh bayar dulu itu penipuan.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  24. Mau tanya. Sy barusan interview user dan psikotest. Disuruu tunggu 2minggu lagi. Kira2 keterima tdk ya. Semua kandidat dan divisi lain jg sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung usernya, ada yang langsung tanda tangan kontrak ada juga yang nunggu dulu. Ditunggu saja,, semoga rejeki

      Delete
  25. Mas, utk hari kerjanya sabtu masuk ? sampe jam brp ya ?

    ReplyDelete
  26. Mas, saat interview HRD ataua Interview User menggunakan bahasa indonesia atau inggris ya?
    Lalu apakah mas ada saran tempat tinggal sementara atau kos untuk orang yang baru dipanggil untuk interview?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa indonesia kok, banyak hotel murah di kudus, cari2 saja di internet

      Delete
  27. Lalu mas saya telah baca di kaskus mengenai Perusahaan ini, https://www.kaskus.co.id/thread/57b458f9902cfe3d7f8b4567/pt-pura-barutama-lambang-penindasan-pada-pegawai-dan-pembodohan-pajak/

    apakah benar seperti itu? atau kah itu hanya tahun tahun kemarin dan tahun sekarang sudah tidak lagi? mungkin mas lebih tau keadaan yang sebenarnya seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lingkungan kerjanya sih orang2 nya enak. Karena kebanyakan dari daerah jawa tengah. Kalau untuk manajemennya tidak semua, sekarang lebih baik baik kok

      Delete
    2. Baik terimakasih mas infonya

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Gan Rabu besok ane interview nih. Nah ane daftar lewat jobstreet dengan gaji antara 5jt. Apakah nantinya akan sesuai juga segitu? Ane freshgrad teknik elektro. Daftar bagian electrical engineering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaji nanti nego lagi kok sama hrd dan usernya.

      Delete
  30. Saya sudah sampai tahap direksi biasanya nunggu brp lama smpe tahap administrasi nya ya kak?
    Mcu, hrs , user sudah semua sebelumnya dalam waktu sehari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kyk saya berarti, interview user dan mcu dlm satu hari. Suruh nunggu kurang lebih 2 minggu untuk interview sama direksi..
      Bilangnya gitu kemarin HRDnya.

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Mas Bayu boleh minta nomor WA nya, mas di bagian apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya di RND Coating, di contact ada kok. 085729688837

      Delete
  33. Pagi mas, saya freshgrad S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Cocoknya melamar untuk posisi apa ya? Dan bila ditanya gaji sebaiknya dijawab bagaimana atau kisaran berapa?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marketing sih,, Fresh grad rangenya 3.5-4 sepertinya.

      Delete
    2. Apa sekarang mas Bayu masih bekerja di Pura Group Kudus?

      Delete
    3. Kebetulan saya sudah pindah yogya yg dekat dengan rumah, heheeh

      Delete
  34. Mas klo ttd kontrak gitu kalau resign sebelum menyelesaikan kontrak apa didenda ya?

    ReplyDelete
  35. Tiap tahun gajinya naik nggak mas

    ReplyDelete
  36. Tahan ijazah gak ya kalau diterima?

    ReplyDelete
  37. Mau nanya mas. Saya udah interview hrd sama user di pura . Udah 2 mingguan yg lalu tapi sampe Sekarang belum ada kabar berarti belum keterima ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditanyakan saja lagi ke HRD nya om, biasanya kalo lama blm ketrima sih

      Delete
  38. Gimana lur adakah yang sudah dapat kabar keterima?

    ReplyDelete
  39. Saya nunggu smpe akhir bulan ini blm ada panggilan jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan ke hrdnya saja, kalau punya kontaknya. Atau by email

      Delete
    2. saya sudah interview direksi tapi juga gak dipanggil2😂

      Delete
  40. Mas bayu, saya ada undangan psikotes dan interview, saya boleh tanya2 via WA? Terima kasih

    ReplyDelete
  41. Selamat pagi, sekarang di jogja kerja dimana mas? Kalau ada job vacancy bisa di share 😂, saya teknik kimia

    ReplyDelete
  42. malm mas mau tanya, saya udah interview direksi, tapi sudah 2 minggu lebih kok ga ada kabar ya? itu ga ketrima atau emng prosedurnya lama? berasa digantungin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, kalau di terima sih langsung di kasih tau kalo Pura, kalo ga dikasih tau biasanya buat cadangan

      Delete
  43. Mas mau tanya, saya interview user sudah 3x dengan user yg berbeda, apakah ada kemungkinan bisa masuk?
    Dan apakah jika blm masuk akan ada panggilan user lain lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas, saya juga digantunginn

      Delete
    2. Kalo lebih dri 2 minggu PHP bro,, biasanya langsung di umumin kok

      Delete
  44. Klo admin marketing itu tugasnya ngapain ya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya ya, rekap hasil jualan marketing bro. Dan buat surat orderan gtu

      Delete
  45. Mas Saya mau menanyakan untuk proses interview di Pura Ada berapa tahap ya? Saya sdh interview yang ke 3x dengan user yang berbeda. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahapannya sih biasanya psikotest, interview hrd, interview user, mcu, tanda tangan kontrak. Biasanya user itu ngasih masukan ke hrd bahwa kamu cocoknya di divisi ini, jadi di lempar2. Tapi kurang tau juga sih,

      Delete
  46. kalo untuk S1 udh punya pengalaman kerja. range gaji berapa ya mas kira kira ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman berapa tahun, nego saja sih untuk gaji

      Delete
  47. Selamat malam mas bayu, proses submit lamaran lewat email hingga panggilan interview berapa hari ya mas ? Dan setah saya submit lamaran tidak ada konfirmasi email bahwa lamaran saya sudah masuk hingga skrng (udah 2mggan). Apa berarti lamaran saya ditolak ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak tentu ehh,, tergantung pura butuh cepat atau tidak

      Delete
  48. Mas, besok selasa di suruh berangkat psikotes, itu cuma psikotes aja apa sama interview juga? Di wa nya cuma psikotes aja.

    ReplyDelete
  49. Mas mau Tanya, kalau di bagian executive general affair unit paper mill management gimana mas? Terus range gaji pengalaman udah 5 tahun gaji nyampai gk di angka 9

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Mas bayu, saya mau tanya tentang MT di pt pura.. itu seperti apa mas ya ? Apakah untuk gaji masih umr dan seperti apa jenjang karirnya kedepan kira2..
    Oh ya, mas saya mau minta nomor wa nya kalo boleh, Trimakasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana gan sudah keteriama di pura group?

      Delete
  52. Mas Bayu mau bertanya .. untuk mengirim surat lamaran kerja nya kan di web nya tertera dikirim lewat online ya .. apakah itu membutuhkan pengiriman lewat offline juga gak ya ?

    ReplyDelete
  53. Untuk psikotes nya apa aja gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemaren ± 150 soal 🥒50 soal perhitungan dalm waktu 12 menit, soal performance kejelian + 10 soal , dan personality (kepribadian) 90 soal,, alhamdulillah dapat undangan interview krna lolos dr psikotes 🍎🥰

      Delete
    2. Mas boleh minta nomer wa kah mau tanya soal psikotes

      Delete
  54. Baru selesai interview Hrd...tunggu kabar lagi sambil nyelesain kerjaan lama...sabar semuanya...

    ReplyDelete
  55. untuk interview direksi, pertanyaannya seputar apa saja ya mas?

    ReplyDelete
  56. Bagaimana Hasil inteevuew nya

    ReplyDelete
  57. halo mas, mau bertanya, kalo diluar gaji bersih, apakah mendapat transport/kos/uang makan? terima kasih.

    ReplyDelete
  58. Apakah ada yg februari ini yg interview user di pura??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tgl 22, tapi sekaligus sama direksi

      Delete
    2. Mas sudah kerja?

      Delete
  59. Saya tgl 22 interview user. Dan disuruh nunggu max 1 minggu. Ini udah hari ke 4 belum ada kabar juga. Lolos apa tidak ya? Bagian adkin akuntansi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu 2 minggu, kalo tidak ada kbar berarti gugur

      Delete
  60. Nglamarnya via email mana ya?

    ReplyDelete
  61. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    ReplyDelete
  62. Maaf kak admin, mau tanya, untuk interview User dan Direksi pakai bahas Indonesia kan? 😁 aku dapat undangan interview online nih, rasanya deg²an. Boleh minta nomor WA mu kak😁😇

    ReplyDelete
  63. Mas klo udah isi bio dan pernah psikotest di pura tapi 4 th lalu itu kira2 berapa lama ada panggilan lagi ya, ini sudah seminggu blm ada kabar.

    ReplyDelete
  64. mas, kemaren sy sudah mengikuti tes interview, nah interviewnya itu ada interview hrd dan nit, pertanyaannya, apakah unit sama dengan interview user? dan tes interview unit sudah lama belum dikabarin juga
    terimakasih mas

    ReplyDelete
  65. Selamat pagi kak, apa kerja di PT pura Kudus minimal harus sarjana dulu apa bisa lulusan SMK/ SMA yg baru lulus??

    ReplyDelete
  66. Link buat cari lowongan dimana ? Beruntung ya, mendapatkan kerja di perusahaan bonafide, bikin iri aja 😅 bermanfaat banget blogs nya, thanks ya udh sering sharing2 tentang pekerjaan

    ReplyDelete
  67. tolong kasih tau kunci jawaban wawancara user bang

    ReplyDelete
  68. Mau tanya saya kan ngelamar di Pura bagian marketing technical support.saya sdh interview ke1 kepada staf HR
    Interview ke 2 kepada GM & manager..
    Koq ini masih ada interview lagi dan psikotes nya..emg berapa tahap utk seleksinya?

    ReplyDelete
  69. Kemarin barusan wawancara HR sama si rere/rebeca, saya orng salatiga cuman besar di kalimantan, kuliah di jogja..semua pertanyaannya sdh saya jawab dgn benar namun sy ga lolos wawancara sma dy krna alasannya saya tidak terlihat mau tinggal di kudus 🤣 aneh banget dah.. secara wawancaranya ga profesional..udh diwawancarain pake vidcall wa, brisik pula kyk dikantin wkwk.. iseng2 cek profil medsos si orng HR rupa2nya bru berapa bulan kerja dan doi jg orng salatiga.. ra mutu blass

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Interview Kerja di Orang Tua Group Jakarta ( Kantor Pusat )

Interview Kerja Di PT. Asia Pulp and Paper ( Sinarmas Group ) Karawang Jawa Barat